Bupati Nikson Nababan Gelar Tanam Padi 1 Ha untuk Bantu Petani

Bupati Nikson Nababan Gelar Tanam Padi 1 Ha untuk Bantu Petani

Beberapa waktu yang lalu Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan kembali menunjukkan keseriusannya dalam membangun daerahnya. Hal ini dilakukan dengan program penanaman padi 1 ha per desa, dengan menggunakan dana dari APBD. Program ini sejalan dengan visi dan misi dari beliau untuk menjadikan daerah yang dipimpinnya menjadi lumbung pangan. Program ini direspon cukup positif oleh beberapa pihak, selain untuk menjaga kestabilan pangan di daerahnya. Program ini juga dapat mengangkat derajat petani yang ada pada daerah.

Dapat kita ketahui bersama bahwa banyak petani kita mulai meninggalkan lahan pertanian mereka dengan menjualnya untuk lahan properti ataupun lainnya. Di samping itu para buruh tani yang ada adalah orang-orang tua, yang menunjukkan tidak ada regenerasi dari kaum tersebut. Para kaum muda yang ada di daerah lebih tertarik untuk menjadi buruk pabrik atau pun pekerjaan yang lainnya. Pergeseran era inilah yang harusnya dicarikan solusi yang tepat oleh para pemimpin daerah. Dan hal ini berhasil diwujudkan oleh Nikson Nababan dengan program yang dibuatnya selaku kepala daerah Tapanuli Utara.

Pergeseran minat pemuda untuk bertani menuju ke era industri tersebut harus benar-benar menjadi PR tersendiri bagi Nikson Nababan. Karena para petani sendiri merupakan orang-orang yang berada di garis depan dalam hal ketahanan pangan. Usaha pemberdayaan para petani harusnya terus di galakan untuk menarik perhatian kaum milenial untuk mau dan bangga menjadi petani. Perubahan harus digalakkan untuk mengubah mind set masyarakat kita dalam berpikir masalah pekerjaan. Karena telah kita ketahui bersama mind set pada masyarakat kita terutama dalam hal pekerjaan lebih condong kepada PNS ataupun buruh, karena iming-iming gaji yang lebih jelas

Program pemberdayaan tani oleh Bupati Nikson Nababan ini dilakukan dengan baik dan terencana. Hal ini terbukti dengan Dinas Pertanian Tapanuli Utara membagikan bibit padi pada tiap kelompok tani di setiap masing – masing desa. Semoga program yang sangat positif ini terus berlangsung dan menjadi semakin baik ke depan nya. Untuk terus meningkatkan taraf hidup petani serta menghargai jerih payah selama ini yang telah dilakukan para petani. Banyak hal positif yang akan didapat jika program ini berhasil dijalankan baik dari segi pangan untuk masyarkat, meningkatnya kehidupan petani, dan meningkatnya lapangan pekerjaan.

Tanpa pemberdayaan dari pemerintah untuk mau dan peduli terhadap kelompok tani yang ada pada setiap daerah. Rasanya mustahil bagi para petani untuk dapat bersaing, disinilah letak pentingnya kebijakan dari para pemangku kekuasaan. Program yang dilakukan Bupati Nikson Nababan ini menjadi harapan baru bagi kelompok petani daerah untuk menggerakkan roda perekonomian di setiap desa. Lebih jauh ke depan diharapkan program ini menjadi awal  dalam merubah pola pikir masyarakat daerah bahwa dengan bertani mereka juga mampu sejahtera. Serta dapat meningkatkan pendapatan daerah dan mensejahterahkan masyarakat banyak.

Selain membagikan bibit yang nantinya akan diberikan pada para petani di setiap desa, pihak Pemkab juga akan memberikan pupuk untuk menunjang para petani. Hal tersebut untuk memaksimalkan jalannya program yang telah direncanakan oleh Bupati Nikson Nababan. Pihak pemerintah dan jajarannya akan terus memantau dan memastikan program ini berjalan baik seusai dengan harapan. Selain itu, pihak pemerintah juga mulai menggalakan penyuluhan guna menambah pengetahuan para petani dalam mengolah setiap ladang garapan mereka. Dan dapat memberikan hasil yang maksimal dari setiap hasil yang nantinya akan dipanen.

” Para kelompok tani di setiap desa nantinya akan diajari dan diberi petunjuk cara mengolah lahan yang benar, cara menanam yang benar dan cara memupuk yang benar oleh petugas penyuluh pertanian lapangan (PPL). Sehingga hasil panen nantinya melimpah. Namun sebelum diberikan bibit dan pupuk, para kelompok tani harus terlebih dahulu menyampaikan proposal lahannya,” kata Kepala Dinas Pertanian Taput Marco Panggabean beberapa waktu yang lalu. Dan sejalan dengan instruksi yang telah disampaikan oleh Bupati Nikson Nababan.

About the author